Trendings

Antisipasi Penyebaran COVID-19, Tim GT2P Agam Cegat Bus AKAP Diperbatasan

PortalSumber.com – Antisipasi Penyebaran Virus Corona (COVID-19), Tim gabungan gugus tugas percepatan penanganan (GT2P) Covid-19 kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pendataan kepada penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang datang dari Pulau Jawa.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah M Luthfi AR mengatakan, Tim GT2P Agam mendapat informasi bahwa ada satu unit bus jurusan Jakarta – Lubuk Basung sedang dalam perjalanan dan diperkirakan akan merapat di kabupaten Agam pada Sabtu (28/3/2020) dini hari.

“Kami mendapat Informasi ada satu unit bus akan datang dari Jakarta, dan saat ini dalam perjalanan, sebelum memasuki kabupaten Agam, tim GT2P langsung mencegat diperbatasan di Kecamatan Tanjung Mutiara, dan melakukan pendataan kepada sopir maupun penumpang bus,” ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com.

Dari hasil pendataan ditemukan sebanyak 10 orang penumpang yang terdiri dari 8 warga perantau Agam dan 2 penumpang bertujuan akhir Pasaman Barat.

“Bus datang sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, setelah dilakukan pendataan ada 10 orang penumpang, kita langsung melakukan pemeriksaan kesehatan seluruh penumpang serta sopir. Dari hasil pemeriksaan seluruhnya dalam kondisi suhu badan normal dan tidak ada keluhan,” terangnya.

Selain memeriksa kondisi kesehatan para penumpang, pihaknya juga melakukan penyemprotan desinfektan diseluruh bagian bus. “Sebelum melanjutkan perjalanan, bus kita semprot dengan desinfektan hal itu untuk mengantisipasi adanya virus yang melekat pada kendaraan dan memastikan bus masuk Kabupaten Agam dalam kondisi steril,” tutupnya.