Artikel Ekonomi Trendings

Harga Masker dan Alat Kesehatan Lainnya Mulai Turun

Portalsumber.com – Harga masker dan alat kesehatan lainnya seperti hand sanitizer mulai turun. Harga tersebut dipantau dalam toko online, dan mulai turun setelah 2 bulan pandemi corona mewabah di Indonesia.

Di toko resmi Watson, hand sanitizer merek Dettol ukuran 200 mililiter (ml) dijual seharga Rp145 ribu. Lalu, hand sanitizer merek yang sama dengan ukuran 50 ml dipatok Rp53.500.

Sementara, pantauan harga masker dan hand sanitizer pada platform Tokopedia tak jauh berbeda. Harga masker satu kotak merek Sensi 3 ply (3 lapis) dijual seharga Rp429 ribu.

Bahkan, di berbagai titik di Jakarta, masker kesehatan dan hand sanitizer menjadi barang mewah. Hera, karyawan Ace Hardware di bilangan Kuningan mengaku stok masker di tempatnya bekerja cepat ludes.

Hak tersebut terjadia saat awal pandemi corona membuat sejumlah orang menjadi panik sehingga masker dan lainnya menjadi sangat langka.

Namun harga masker dan alat kesehatan lainnya sudah mulai turun. Seperti Tokopedia terlihat masker bermerek Nexcare untuk 3 ply (3 lapis) dijual dengan harga Rp31.500 per 12 pcs. Di lapak lainnya, masker kesehatan merek Sensi untuk kotak isi 20 pcs dijual bervariasi dari harga Rp220 ribu hingga Rp260 ribu.

Tak jauh berbeda, di plaform Lazada, masker bermerek sama isi 3 pcs dijual bervariasi dari Rp19.500 hingga Rp33.900.

Untuk hand sanitizer, berbagai lapak di Lazada kompak menjual antiseptik OneMed untuk ukuran 500 ml seharga Rp70 ribu per botol. Serupa, untuk merek dan ukuran hand sanitizer yang sama, pedagang di Tokopedia menjajal jualannya seharga Rp60 ribu hingga Rp85 ribu per botol.

Harga ini berbanding terbalik dengan harga masker pada Selasa (3/3). Kala itu, berbagai penjual di Shopee membanderol satu kotak masker muka merek Sensi 3 ply seharga Rp500 ribu-Rp700 ribu. Toko online lainnya, menjual masker dengan merek yang sama seharga Rp299.555-Rp499.555 satu kotak. (sumber: primaberita)