Artikel Kriminal Nasional Trendings

Meski Pandemi Peredaran Narkotika di Jabar Tak Surut, Pakai Modus Paket Bansos

Portalsumber.com | Meski pandemi covid-19 rupanya peredaran narkotika di Jawa Barat tidak menyurutkan eksistensinya, bahkan obat-obatan terlarang tersebut disalurkan dengan pakai modus paket bansos (bantun sosial). Sejumlah kasus narkotika terungkap di Jabar dengan temuan barang bukti yang tidak sedikit pula.

Pengungkapan sejumlah barang bukti tersebut dilakukan oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Barat dengan jajaran polres Jawa Barat. Berdasarkan data, barang bukti yang disita berupa sabu-sabu, ganja, miras (minuman keras), ciu, hingga minuman tuak.

Rinciannya antara lain yakni sabu-sabu seberat 4.605,8 gram dan ganja seberat 25.942,3 gram. Kemudian miras berdasarkan hasil jarahan sebanyak 20.454 botol dan 27 jerigen, serta 1 ember tuak dan 394 liter ciu.

“Terbukti bahwa dimasa pandemi covid-19 peredaran cukup tinggi, membuktikan jaringan sindikat tetap bekerja,” kata direktur Reserse Narkoba Polda Jawa Barat, Kombes Rudy Ahmad Sudrajat (07/07/2020).

Rudy menambahkan selama pandemi covid-19 pola peredaran narkotika disebut berubah, dimana para pengedar memanfaatkan jasa pengiriman barang bahkan hingga pakai modus paket bansos.

“Selama pandemi masih sama saja, makanya mereka sekarang berlindung dimasa pandemi ini peredarannya menggunakan jasa travel dan kedok pengiriman logistik untuk bantuan sosial,” terangnya.

Sementara itu hal lainnya diungkapkan Rudy adalah selama pandemi pihaknya juga menangkap 4 orang narapidana. Yang mana narapidana tersebut baru dibebaskan usai mendapat asimilasi. Keempat tersangka berasal dari kota Cirebon, kota Bandung, kota Cimahi, serta dari kabupaten Majalengka.

“Napi asimilasi mereka mengedarkan juga karena jaringan mereka masih berjalan. Jadi digunakan lagi oleh bandar yang sebagian sudah dalam proses,” sebut dia.

Soal barang bukti yang berhasil disita, pihak yang berwajib lantas memusnahkannya. Seperti membakar ganja. Kemudian untuk sabu-sabu dimusnahkan dengan cara dicampur menggunakan cairan sulfat. Sedangkan untuk miras sendiri cara pemusnahannya dengan digilas dengan alat berat. (sumber: primaberita.com)