@Jokowi #Adlin Tambunan #Balige #DPRD Sergai #gubsu edy rahmayadi #IHSG Hari Ini #Indonesia #Kabupaten Batubara #Nawal #OJK #Pemkab Sergai #UMKM Adaptasi Kebiasaan Baru Alun Alun Kisaran Aman Anggota DPRD Medan Aplikasi Go Dambaan ASEAN Aulia Rahman Bahasa Bakamla RI Bangladesh banjir Aekanopan Bara JP Batu Bara Bawaslu Bayi tanpa Anus Baznas Asahan Berkah Bermartabat Bintang Medan Roller Skate Bobby - Aulia Bobby Nasution BPK RI Sumut buku warung BUMDesa Bursa Global Centang Cerdas Cermat Covid 19 Covid-19 Kabupaten Asahan Curanmor Dambaan Daring Darma Wijaya-Adlin Tambunan DAS Babura Desa Lubuk Ulu Batubara Dewan Masjid Indonesia Disdik Sergai Door to Door DPRD Medan Dugaan mark up Ekonomi ekspor kosmetik Employee Engangement Eucalyptus Gubsu Hankam Harga tambang internasional Hari Listrik Nasional Hari Sumpah Pemuda Headline Hendra DS Henri Siregar Huawei Indonesia Hukrim Ikajara Medan impor daging sapi Inflasi Infrastruktur & Property Jalan Rusak Kabupaten Asahan Kasus Pelanggaran Kecamatan Air Batu Kecamatan galang Kejaksaan Negeri Asahan Kemendag Kemendag Agus Suparmanto Kemendag RI Kesehatan Keseterum listrik Kompor Induksi KONI Asahan Kota Medan KPPI KPU Asahan KPU Samosir Libur Panjang Lumbung Pangan Maulid Nabi Maulid Nabi Muhammad Medan Muhammad Riski Narkoba Nasional Nurhajizah Marpaung OJK Sumbagut Olahraga operasi zebra toba 2020 OPPO Parit Busuk Payung Harahap Pelayanan Capil Pelindo I pembiayaan leasing Pemkab Asahan Pemko Medan Pemko Tanjungbalai pemko tebingtinggi Pemuda Pancasila Pemuda Pancasila Sergai Pencurian Buah Kelapa Sawit Pendidikan Penemuan mayat penghijauan Pengumuman CPNS Asahan perceraian Perda No.5 Tahun 2015 perdagangan Indonesia ke Turki Peredaran narkoba Peristiwa Perkebunan & Pertanian Permendag Perwal No 27 Tahun 2020 PGN Pilkada Pilkada Asahan Pilkada Kota Medan Pjs Walikota Medan Arief Sudarto Trinugroho PLN ULP Kisaran Plt kadis pendidikan Sergai Plt kadis perpustakaan Sergai Polda Sumut Politik Polres Labuhanbatu Polres Tanjungbalai Polsek Kotarih Polsek Pantai Cermin Pomdam I/BB PORSEROSI Asahan Pospera Preferential Trade Agreement Presiden RI Presiden RI Joko Widodo pria hanyut di sungai ular Program Prokes Promo hotel Protokol Kesehatan PT Inalum PT KAI Divre I Sumut PTUN Medan pusat produsen halal rapat kerja DPRD Medan Rapidin Simbolon razia masker Religi Resesi revitalisasi pasar Revolusi industri Sabrina Satlantas Polres Sergai Satnarkoba Polres Sergai Sejarah Sembuh Covid-19 Sepatu Roda Serdang Bedagai sertifikat aset tanah Sertifikat tanah ShopeePay Sumpah Pemuda Sumut Taruna Merah Putih Tatan Dirsan Atmaja TB Silalahi Teknologi Telkomsel Tempat Maksiat TPL Trendings TVRI Papua Barat ubsu UKM UKM JBM UP3 Pematangsiantar usaha penjualan langsung Walikota warung pintar Wong Chun Sen

Gubernur Sebut Standar Pariwisata Ada Pada Bukti dan Cerita

mediasumutku.com | TOBA – Pariwisata Danau Toba merupakan andalan utama bagi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk memikat minat wisatawan, baik lokal, nasional maupun mancanegara. Karena di dalamnya tersimpan begitu banyak kekayaan alam dan juga cerita sejarah dengan segala bukti yang ada.

Karena itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengagumi keberadaan Museum TB Silalahi di Kabupaten Toba saat dirinya mengunjungi fasilitas tersebut didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Jumat (30/10). Di sini, berbagai tampilan kekayaan budaya dan adat istiadat menjadi bagian penting sebagai nilai jual pariwisata Danau Toba.

“Opung, bagus sekali ini museum, lebih bagus dari pada yang punya provinsi. Barang-barang yang ada di museum Batak juga sangat lengkap, bagus untuk edukasi,” kata Gubernur kepada pemilik Museum TB Silalahi, Letjen TNI (Purn) Tiopan Bernhard Silalahi melalui sambungan video, Jumat (30/10), saat singgah dan berkeliling di dalam lokasi.

Museum TB Silalahi tersebut menurut Gubernur, selain menunjukkan betapa Suku Batak punya budaya yang kaya dan unik, juga tidak lepas dari keberadaan Danau Toba sebagai pusat dari peradaban di kawasan itu. Sebab, kini danau supervolcano itu telah menjadi sorotan dunia.

“Danau Toba ini sudah mendunia sekarang. Termasuk lah kebudayaan yang ada di sekitarnya, unsur etniknya, seni budayanya dan semua keunikan mulai dari alam hingga sosial harus jadi sumber promosi wisata kita kepada (wisatawan) mancanegara,” jelas Edy Rahmayadi.

Untuk itu, Edy pun menilai bahwa keberadaan Museum TB Silalahi sudah sepantasnya menjadi standar bagi semua pengelola wisata di Sumut, khususnya kawasan Danau Toba. Bukan soal kelengkapan atau modernisasi sarana, tetapi bagaimana mengedukasi atau menjelaskan kepada pengunjung tentang banyak hal yang ada di satu daerah.

“Orang mau datang ke sini itu kan pasti mau tahu juga, bagaimana ini bisa ada, bagaimana adat istiadat orang Batak, mulai dari awal sampai akhir, atau sebaliknya. Sehingga orang yang datang tahu, sejarahnya bagaimana dan tertarik karena keunikannya,” sebut Edy.

Dengan cerita menarik itu, lanjut Edy, wisatawan akan mencari tahu dengan mengunjungi tempat-tempat seperti makam, rumah tua, peninggalan leluhur dan sebagainya dalam mendukung pengetahuan yang didapat sebelumnya dari tempat seperti museum TB Silalahi.

“Danau Toba ini kan luas, jadi kalau mau dijalani semua butuh waktu yang lama. Dengan metode seperti museum (TB Silalahi) ini, orang bisa tahu dan memilih mana yang akan dikunjungi, sesuai selera masing-masing. Sehingga nggak bingung dia mau kemana. Syukur-syukur dia (wisatawan) penasaran dengan lokasi yang lainnya dan mau datang kembali,” jelas Gubernur.

Menanggapi apresiasi Gubernur tentang keberadaan museum tersebut, pemilik TB Silalahi Center, Tiopan Bernhard Silalahi menyampaikan terima kasih atas kunjungan Edy Rahmayadi dan rombongan ke tempat miliknya. Dirinya pun menyarankan konsep serupa bisa dibuat oleh Pemerintah Provinsi Sumut guna mendukung pariwisata yang lebih baik dan lebih informatif.

“Terima kasih Pak Gubernur sudah menyempatkan waktu singgah di museum kami. Sudah bisa juga Pak Gubernur kita buat museum, seperti museum Melayu dan lainnya,” pungkas TB Silalahi.