Lampung kembangkan potensi wisata alam tingkatkan sektor pariwisata


portalsumber.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengembangkan potensi wisata alam berupa curug guna memaksimalkan sektor pariwisata di daerahnya.

“Di Kabupaten Waykanan memang ada banyak sekali potensi wisata alam salah satunya curug, untuk itu potensi tersebut perlu dikembangkan lebih baik,” ujar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Selasa.

Baca Juga [related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”1″]

Ia mengatakan dalam pengembangan beragam potensi pariwisata di kabupaten diharapkan dapat pula menumbuhkan perekonomian masyarakat di desa sekitar.

“Akhir tahun nanti salah satu potensi pariwisata kita di Waykanan yaitu berupa curug akan dibangun, dan nanti pengelolaannya dilakukan oleh kabupaten,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam memperlengkapi potensi daerah itu juga akan dilakukan pembangunan secara berkala infrastruktur di sekitar destinasi wisata alam tersebut.

Baca Juga [related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”4″]

“Curug ini dengan ketinggian lebih dari 50 meter dan tidak semua ada yang seperti ini. Lalu hutannya masih terjaga jadi bisa digunakan untuk pengembangan wisata alam tapi dengan catatan hutannya tetap harus lestari tidak boleh di rusak,” tambahnya.

Ia menjelaskan, dengan pengembangan potensi wisata alam tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah di kabupaten.

“Ini bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah bila dikelola dengan baik. Sehingga dengan adanya ketidakpastian ekonomi global dapat diatasi dengan pemanfaatan beragam potensi pariwisata di daerah,” ucap dia.

Baca Juga [related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”7″]

Tanggapan serupa dikatakan oleh Bupati Waykanan Raden Adipati Surya.

“Pembangunan Curug Putri Malu ini memang tidak bisa semua karena ada kawasan hutan lindung yang tidak bisa disentuh. Jadi pembangunan akan dilakukan sedikit demi sedikit pertama dari akses dahulu,” ujar Bupati Waykanan Raden Adipati Surya.

Ia mengatakan, pemanfaatan potensi wisata alam tersebut diharapkan pula dapat memberikan efek ganda dimana UMKM, IKM dan warga desa terdekat dapat berkembang.

Baca Juga [related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”10″]

“Disana pengunjungnya banyak, aksesnya lumayan. Nanti akan dikembangkan kerajinan, kuliner jadi pariwisata itu tidak hanya tempat saja tapi bisa memiliki banyak dampak ke UMKM dan masyarakat,” tambah dia pula.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.