Rishi Sunak Jadi Perdana Menteri Inggris Pertama dari Keturunan India


portalsumber.com – Rishi Sunak bakal menjadi Perdana Menteri Inggris setelah pesaingnya mundur. Dia bakal menjadi Perdana Menteri Inggris pertama yang berasal dari keturunan Asia, tepatnya India.

Dilansir dari BBC, Senin (24/10/2022), Sunak setidaknya mencatat sejumlah rekor baru saat dirinya menduduki jabatan PM Inggris pada usia 42 tahun.

Baca Juga [related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”1″]

Selain PM Inggris pertama keturunan India, Sunak juga menjadi PM Inggris termuda sejak 1812. Dia juga menjadi anggota parlemen tercepat yang menjadi PM Inggris, yakni dalam 7 tahun.

Sementara dilansir Reuters, Sunak merupakan mantan Menteri Keuangan. Dia menjadi Perdana Menteri ketiga Inggris dalam waktu kurang dari dua bulan. Dia bertugas memulihkan stabilitas negara yang terguncang akibat gejolak politik dan ekonomi selama bertahun-tahun.

Sunak menjadi perhatian nasional ketika, pada usia 39, menjadi Menteri Keuangan di bawah Johnson tepat ketika pandemi COVID-19 melanda Inggris. Dia mengembangkan skema cuti yang berhasil.

Baca Juga [related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”4″]

Keluarga Sunak bermigrasi ke Inggris pada 1960-an, periode ketika banyak orang dari bekas jajahan Inggris pindah ke negara itu untuk membantunya membangun kembali setelah Perang Dunia Kedua.

Setelah lulus dari Universitas Oxford, dia pergi ke Universitas Stanford di mana dia bertemu dengan istrinya Akshata Murthy, yang ayahnya adalah miliarder India NR Narayana Murthy, pendiri raksasa outsourcing Infosys Ltd.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.